Oleh Nur Rira Febriyani
Peresensi adalah Mahasiswi PGMI STAINU Temanggung
Pengertian Game Online
Game Online merupakan game
(permainan ) dimana banyak orang yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan
melalui jaringan komunikasi Online (LAN atau Internet). Menurut Eddy
Liem, Direktur Indonesia Gamer, sebuah komunitas pecinta game di Indonesia, Internet
Game adalah sebuah game (permainan) yang dimainkan secara online via
internet, bisa menggunakan PC (Personal Computer), atau konsol game
biasa seperti PS2, X Box, dan sejenisnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa game online adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan
sambungan internet melalui jaringan komputer, PC, atau konsol game biasa, dan
biasanya dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang sama dimana antar pemain
bisa saling tidak mengenal.
Kecanduan
Kecanduan atau adiction menurut
Gripson & Bokular dalam Elster merupakan suatu keadaan interaksi antara
psikis dan fisik dari organisme hidup atau obat, dibedakan oleh tanggapan
perilaku dan respons lainnya yang selalu menyertakan keharusan untuk mengambil
obat secara terus menerus atau berkala untuk mengalami efek psikis, dan
kadang-kadang untuk menghindari ketidaknyamanan ketiadaan dari obat. Aqila
Smart, mengemukakah 5 dampak negatif game online antara lain:
Merusak mata dan menimbulkan
kelelahan
Mengajarkan kekerasan
Berpeluang mengajarkan judi
Berisiko kecanduan
Faktor Penyebab Kecanduan Game
Online
Penyebab seseorang mengalami
kecanduan game salah satunya karena gamers (pemain game) tidak akan
pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Terdapat faktor internal
maupun faktor eksternal yang menyebabkan anak kecanduan terhadap game
online. Faktor internal tersebut diantaranya:
Keinginan yang kuat dari diri
anak-anak untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam game online.
Rasa bosan yang dirasakan anak-anak
saat di rumah atau di sekolah.
Ketidakmampuan mengatur kegiatan
penting lainnya sebagai prioritas
Sedangkan faktor eksternalnya ialah
sebagai berikut:
Lingkungan yang kurang terkontrol
Kurang memilki hubungan sosial yang
baik
Harapan orang tua yang melambung
terhadap anaknya
Hardiansyah Masya mengemukakah bahwa
terdapat empat komponen yang menunjukkan seseorang kecanduan game online, diantaranya:
Compulsion (Dorongan untuk melakukan secara terus-menerus)
Withdrawal (Penarikan diri)
Tolerance (Toleransi)
Interpersonal and health- related
problems (Masalah hubungan
interpersonal dan kesehatan)
Solusi Mengatasi Kecanduan Game
Ada beberapa cara untuk mengatasi
kecanduan game online, diantaranya:
Bersungguh-sungguh
Mempunyai pikiran hemat
Mencari aktivitas lain
Membatasi waktu bermain game
online
Meminta bantuan orang terdekat
Kesimpulan
Dari berbagai penjelasan di atas,
maka dapat disimpulkan bahwa:
Faktor internal maupun eksternal
mempengaruhi anak untuk bermain game
Game memilki dampak negatif jika
terlalu kecanduan dengan game online
Kecanduan game online dapat
diatasi dengan berbagai cara.
Kelebihan artikel:
Dalam artikel tersebut penggunaan bahasa sudah cukup baik, kata yang digunakan
dalam artikel
ini bersifat baku dan sesuai dengan Kamus EYD Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan
dalam penulisan artikel sudah cukup baik, sehingga artikel tersebut dapat memuat poin-poin penting
dalam artikel.
Isi artikel
tersebut tidak terlalu berbelit-belit sehingga akan lebih cepat dalam menangkap
isi artikel
tersebut.
Kekurangan artikel:
Beberapa penggunaan kata dalam bahasa yang terdapat
dalam artikel
tersebut kadang sulit untuk dipahami oleh beberapa orang yang pemahaman
bahasanya kurang. Dalam penulisan artikel mungkin ada beberapa poin yang tidak tertulis dalam artikel tersebut. Ada
bagian isi artikel yang kalimatnya terlalu membingungkan.
Masukan/kritik :
Dalam penggunaan kalimat pada artikel tersebut sebaiknya
penulis bisa lebih menggunakan bahasa baku yang sekiranya mudah dipahami oleh
pembaca. Dan mengurangi pembahasan yang sekiranya terlalu berbelit-belit cukup
pada poin-poin tertentu saja.
Biodata Buku
Penulis : Tim PGMI STAINU Temanggung
Editor: Hamidulloh Ibda, M.Pd
Penerbit Forum
Muda Cendekia (Formaci)
ISBN: 978-60250566-5-9
Tahun: 2019
Cetakan: 1 (pertama)
Tebal: 21 x 14 cm. xvii + 396
halaman
Tambahkan Komentar