TABAYUNA.com
- Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Korwil VIII Jawa Tengah - DIY mendapatkan penghargaan PD PGMI Indonesia Award sebagai Peringkat I Korwil Terproduktif PD-PGMI Indonesia. Hal itu terungkap dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-10 di UIN Raden Intan Lampung pada Kamis (18/7/2024) sampai Sabtu (20/7/2024).

Dalam kesempatan pembukaan Mukernas ke-10 tersebut, diumumkan peraih penghargaan melalui Surat Keputusan Pengurus Pusat Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia Nomor: 001/PD-PGMI/SK/VII/2024 tentang Penetapan Award Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) tahun 2024.

PD PGMI Korwil Jateng-DIY mendapat penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua Umum  PD PGMI Indonesia Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I. kepada Ketua PD PGMI Korwil VIII Jawa Tengah dan DIY Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.

Ketua PD PGMI Korwil VIII Jawa Tengah dan DIY Dr. Aninditya Sri Nugraheni menyampaikan bahwa PD PGMI Korwil Jateng DIY aktif melaksanakan diskusi pendidikan dan webinar nasional dengan sasaran peserta dosen, mahasiswa, dan guru Madrasah Ibtidaiyah di seluruh Indonesia.

"Diskusi Pendidikan dimulai dari bulan Januari yang membahas mengenai peningkatan kualitas pembelajaran melalui outcome based education yang disampaikan oleh ibu Fitri Yuliawati, M.Pd. sebulan setelah itu, di bulan Februari PD PGMI Korwil Jateng DIY Kembali melaksanakan 2 kegiatan sekaligus, yaitu academic writing dan diskusi Pendidikan.  Kegiatan academic writing dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2024 dengan menghadirkan narasumber ibu Eva Luthfi Fakhru Ahsani, M.Pd.," lanjutnya.

Tak lama dari itu PD PGMI Korwil Jateng DIY kembali melaskanakan diksusi Pendidikan yang membahas mengenai strategi publikasi ilmiah bidang pendidikan dasar di jurnal international bereputasi dengan sasaran dosen dan mahasiswa PGMI, kegiatan tersebut dilaksanakan pada 26 Februari 2024 dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidang publikasi yaitu ibu Siti Fatimah, M.Pd, dan bapak Dr. Hamidulloh Ibda, M.Pd.

Dilanjutkannya bahwa setelah sukses mengadakan kegiatan diskusi pendidikan di bulan januari dan februari, PD PGMI Korwil Jateng-DIY Kembali melaksanakan kegiatan webinar nasional dan diskusi Pendidikan sekaligus dalam 1 bulan. Kegiatan   webinar nasional membahas mengenai Strategi Pengembangan Prodi Melalui Optimalisasi Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, dengan menghadirkan bapak Didik Efendi, M.Pd dan ibu Ihda Ayunil Khotimah, M.Pd yang dilaksanakan pada tanggal 9 maret 2024.

Adapun kegiatan diskusi Pendidikan, dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2024 dengan menghadirkan narasumber ibu Dr. Laelatul Badriah, M.Pd yang membahas mengenai Akreditasi sebagai sarana peningkatan kualitas Pendidikan.

PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY juga aktif melaksanakan diskusi Pendidikan dengan sasaran peserta mahasiswa PGMI se Indonesia. Pada bulan April PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY melaksanakan kegiatan diskusi Pendidikan yang membahas mengenai kebijakan tugas akhir nonskripsi.

Kegiatan tersebut sukses menarik perhatian para mahasiswa seluruh Indonesia yang masih bingung mengenai kebijakan nonskripsi. Diskusi Pendidikan mengenai kebijakan tugas akhir nonskripsi menghadirkan ibu Zulaikhah, M.Ag, M.Pd., yang dilaksanakan pada tanggal 23 April 2024.

Sebulan setelahnya PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY kembali mengadakan Webinar Nasional yang membahas mengenai Strategi Tembus PKM Litapdimas dan Pelatihan Menyusun Proposal PKM Litapdimas, dengan menghadirkan narasumber bapak Ma’as Shobirin, M.Pd. dari Universitas Wahid Hasyim.

Mengingat akan pentingnya SPMI dalam kunci sukses akreditasi, PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY juga melaksanakan kegiatan diskusi Pendidikan yang membahas mengenai SPMI sebagai kunci sukses akreditasi perguruan tinggi yang langsung disampaikan oleh Dr. Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I, yang juga Sekretaris PD PGMI Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2024, melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 100 peserta dari prodi PGMI seluruh Indonesia.

Dalam melaksanakan berbagai kegiatan, Korwil PD PGMI Wilayah VIII ibu Dr, Aninditiya Sri Nugraheni, M.Pd dibantu oleh Staf kesekretariatan yaitu M. Hulkin, S.Pd dan Noptario, M.Pd sebagai Host dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY.

"Selain itu kesuksesan setiap acara yang diselenggarakan oleh PD PGMI Korwil VIII Jateng-DIY tidak luput dari peran serta seluruh kepengurusan PD PGMI Wilayah VIII yang sangat aktif dalam memberikan saran dan masukan, sehingga program-program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan memberi kebermanfaat untuk semua," beber Dr. Anin kepada tabayuna.com melalui siaran persnya. (TB44).

Bagikan :

Tambahkan Komentar