Semarang, Tabayuna.com - Kombel Tugumuda Semarang menggelar Webinar Seri ke-11 bertajuk "Guru Di Balik Kemerdekaan Digital" pada Jumat 16 Agustus 2024.

Narasumber kegiatan dalah Kepala SDN Gajahmungkur 03 Kota Semarang Dian Marta Wijayanti, M.Pd., dengan Keynote Speaker Choirul Awaludin, S.Sos.I Direktur Semarang Zoo dengan moderator Siti Asripah S.Pd (TK Al Islah Semarang).

Menurut Dian, Kemerdekaan digital merujuk pada konsep di mana individu dan masyarakat memiliki kebebasan untuk mengakses, menggunakan, menciptakan, dan berbagi informasi serta teknologi digital tanpa adanya hambatan yang tidak perlu. Ini termasuk kebebasan berekspresi di dunia digital, perlindungan privasi, akses yang adil terhadap teknologi, serta kemampuan untuk menggunakan internet dan teknologi digital lainnya tanpa pengawasan yang tidak sah atau sensor.

Dalam konteks ini, kemerdekaan digital juga mencakup hak-hak untuk mengontrol data pribadi, berpartisipasi dalam kehidupan digital secara penuh, dan mendapatkan akses yang setara ke sumber daya digital. Hal ini menjadi semakin penting dalam era modern di mana teknologi dan internet memainkan peran yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan komunikasi.

Namun, kemerdekaan digital juga memerlukan keseimbangan dengan tanggung jawab, seperti mematuhi hukum yang berlaku, menjaga keamanan siber, dan menghindari penyebaran informasi palsu atau berbahaya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar