TABAYUNA.com, Surakarta
– Mahasiswa Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung memborong enam kejuaraan dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) VI Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta (FKPTKIS) Jawa Tengah tingkat internasional yang diikuti lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Pakistan, Turki, dan Arab Saudi pada Senin-Kamis (2-4/9/2024) berpusat di Edutorium UMS.

Peserta Porseni ini terdiri atas empat perguruan tinggi dari luar negeri, 43 PTKIS dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat dengan jumlah kontingen mahasiswa yang hadir sebanyak 1.247 orang, dengan perincian 913 peserta dan 334 ofisial.

Mahasiswa INISNU Temanggung dalam kesempatan itu mendapatkan enam kejuaraan yang diumumkan dalam acara Penutupan yang diselenggarakan di Gedung Auditorium Mohammad Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Rabu (04/09/2024).

Dikatakan Rektor INISNU Dr. H. Muh. Baehaqi bahwa ajang tersebut merupakan kegiatan rutin dua tahunan. Pada Porseni 2024 ini, beberapa cabang olahraga yang berhasil menyumbangkan medali bagi INISNU antara lain Cabang Olahraga Pencak Silat, Bulu Tangkis. Pada cabang seni, mahasiswa INISNU juga berhasil meraih juara pada lomba Musabaqah Karya Ilmiah Qur’an (MKIQ).

Berikut beberapa nama peroleh medali :
1. Fernanda Hamam, Juara 2, Medali Silver Cabang Olahraga Pencak Silat Putra Kelas A
2. Fatmawati Anjasmoro, Juara 3, Medali Perunggu Cabang Olahraga Pencak Silat Putri Kelas A
3. Nurfatihah Amnur dan Kinanti Sayekti Anggraini, Juara 3, Medali Perunggu Cabang Bulu Tangkis Ganda Putri.
4. Yoga Dwi Prada, Fina Alif Laila, Ahmad Fahrur Rozi, Eri Susanti, dan Alwi Gusmam Nur Hazam. Juara 3, Medali Perunggu Cabang Musabaqah Karya Ilmiah Qur’an (MKIQ).
5. Muhammad Ifandi dan Rohmadi, Juara Harapan 1, Cabang Bulu Tangkis Ganda Putra.
6. Puput Alifah, Juara Harapan 1, Cabang Olahraga Pencak Silat Kelas D Putri.

Kemenangan INISNU dalam PORSENI VI ini tidak hanya membanggakan civitas akademika, tetapi juga masyarakat Temanggung. "Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan potensi diri di bidang olahraga dan seni," kata Rektor.

Atas capaian itu, secara terpisah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung Dr. Hamidulloh Ibda menyampaikan bahwa kampus telah menyiapkan beberapa reward. "Kami telah menyiapkan reward berupa uang pembinaan, dan sertifikat. Bagi yang Juara I, II dan II baik individu atau kelompok, sesuai pedoman akademik dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), mereka bisa mengambil jalur tugas akhir nonskripsi. Kalau mau menempuh ini, ya mahasiswa yang dapat Juara I, II, dan III bebas skripsi, tapi harus membuat laporan RPL," katanya.

Sementara itu, Ketua FKPTKIS Jawa Tengah Dr. Ahmad Tantowi menyampaikan bahwa Porseni ke-VII tahun 2026 mendatang direncanakan akan berlokasi di INISNU Temanggung. Pihaknya berharap, semua peserta luar negeri ke depan bisa bertambah dan bisa datang ke Temanggung semua. "Nanti kalau di Temanggung itu tidak perlu AC. Karena di sana hawanya sejuk dan dingin," kelakarnya. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar